Langsung ke konten utama

Opini Singkat Konflik Israel Dan Palestina

Sebelum memulai tulisan yang super pendek ini, penulis mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat tanggal 8 Juni 2018. Berdasarkan referensi dari berbagai sumber surat kabar arus utama, tugas Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB merupakan yang keempat kalinya dan kali ini Indonesia akan mengemban tugas selama 2 tahun ke depan bersama dengan Republik Dominika, Afrika Selatan, Jerman dan Belgia; serta 5 anggota tidak tetap lainnya dan 5 anggota tetap DK PBB (Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris dan Perancis). 

Inilah saatnya Indonesia beraksi kembali untuk dunia internasional di tengah banyaknya ketegangan-ketegangan dalam dunia internasional. Perjuangan memperoleh tugas internasional sebagai anggota tidak tetap DK PBB menurut penulis merupakan salah satu peran Indonesia sesuai amanat pembukaan UUD 1945, yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

Menarik, menurut penulis, di tengah ketegangan antara Israel dan Palestina, Indonesia diharapkan akan berperan lebih besar dalam menciptakan perdamaian abadi di bumi Palestina. Semoga saja keikutsertaan Indonesia selama 2 tahun ke depan sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB membuahkan hasil yang manis, yakni selesainya konflik dan munculnya perdamaian abadi di bumi Palestina. Sehingga, tidak kita dengar lagi pelanggaran-pelanggaran HAM di sana.

Menurut hemat penulis, perundingan dan diskusi adalah langkah yang tepat dan bijak dalam menyelesaikan konflik, terutama konflik Israel-Palestina. Namun, tampaknya akan terasa sulit bagi Indonesia untuk memperjuangkan Palestina apabila Indonesia tidak memiliki hubungan apapun dengan Israel. Mungkin pemerintah kita hanya menekan pemerintah Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya, serta menggalang dukungan dengan negara-negara lain di dunia. Namun, ketika apa yang menjadi tujuan tersebut tidak tersampaikan secara langsung, maka mungkin menjadi agak kurang tepat sasarannya. Ibarat kita bermaksud mengingatkan tetangga kita akan kesalahannya tetapi saat itu kita sedang jothakan atau diam-diaman dengan tetangga kita, maka tidak akan tersampaikan maksud baik kita.

Pada waktu Gus Dur menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, mencuat wacana dibukanya hubungan dagang dengan Israel. Tidak serta merta merta tanpa syarat, Almarhum Gus Dur waktu itu memberikan syarat agar Indonesia dilibatkan dalam proses perdamaian di Timur Tengah. Sehingga, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia akan didengar di ranah internasional. Selain itu dalam hal hubungan diplomatik, Gus Dur juga menyampaikan bahwa Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebelum bangsa Palestian memperoleh kemerdekaanya dimana definisi kemerdekaan tersebut adalah berdirinya negara Palestina yang beribukota di Jerusalem, serta dikembalikannya seluruh wilayah Arab yang diduduki Israel termasuk Dataran Tinggi Golan dan dibebaskannya tawanan Palestina oleh Israel (dari sumber media arus utama). Gus Dur adalah seorang visioner dan cerdas dalam memanfaatkan celah diplomasi konflik di Timur Tengah. Menurut Greg Barton dalam buku "Biografi Gus Dur", Gus Dur percaya untuk menjadikan Indonesia dapat memperoleh kematangan sebagai suatu bangsa, ia harus berani menghadapi musuh-musuh imajiner itu dan mengganti kecurigaan dengan persahabatan dan dialog.

Menilik dari pemikiran Gus Dur, menurut hemat penulis, diskusi jangka panjang dan dialog-dialog bermutu antara Indonesia-Israel-Palestina sangat diperlukan. Bahkan apabila organisasi keagamaan tertua dan terbesar di Indonesia seperti Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah mengadakan atau terlibat dalam suatu diskusi dan dialog tersebut, InsyaAllah konflik Israel-Palestina dapat diredam, dan berdirinya negara Palestina beribukota di Jerusalem. Namun, tampaknya fobia akan profil Israel dan Israel sebagai musuh imajiner bangsa Indonesia membuat banyak dari kita tidak berpikir panjang dan kritis, sehingga mungkin akan menyebabkan sulit terlaksananya suatu dialog dan diskusi, apalagi parahnya banyak yang menghukumi bahwa siapapun yang berdiskusi dengan Israel maka akan menjadi antek Israel dan kontra dengan perjuangan bangsa Palestina. Kondisi ini akan membuat konflik yang berlarut-larut dengan pelanggaran HAM berat terus berulang.

Penulis sangat memimpikan terciptanya perdamaian di Timur Tengah dan dunia yang didasari semangat dialog dan persahabatan.

Salam,
Penulis


Referensi :
http://www.nu.or.id/post/read/75243/manuver-gus-dur-mengimbangi-israel-
https://nasional.kompas.com/read/2016/03/30/08121201/Hubungan.Indonesia-Israel.Polemik.Menghangat.di.Awal.Pemerintahan.Gus.Dur
Harian Kompas 26 Oktober 1999


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shutter Healing #01 : Bersepeda Memotret Suasana Bekasi Sebelum Lebaran

Shutter healing merupakan istilah yang saya ciptakan dimana menekan tombol shutter merupakan salah satu bentuk healing dan aktivitas yang membahagiakan. Bagi saya, ada dua bentuk healing yang paling membahagiakan; yaitu bersepeda dan memotret. Oleh karena itu, memotret dengan menekan tombol shutter disertai dengan bersepeda sudah pasti meningkatkan gairah kebahagiaan saya. Shutter healing episode 01 ini dilakukan di kota Bekasi dengan bersepeda menggunakan sepeda lipat keliling kota Bekasi. Kenapa sepeda lipat?, karena ada suasana santai saat bersepeda dengan sepeda lipat, dimana saya bisa menengok kanan dan kiri. Ketika ada sesuatu yang bagus dan unik, ambil kamera, bidik, tekan tombol shutter dan "jepret", gambar peristiwa terekam. Beberapa foto telah saya rekam pada episode shutter healing tanggal 9 April 2024. Kamera yang digunakan adalah Olympus Pen E-PL1, dimana kamera ini sudah berumur sangat tua, pertama release pada tahun 2010. Kamera tua tidak masalah bagi saya,

Pengalaman Pertama Kali Develop Film Black And White

Memotret dengan kamera film atau analog dibutuhkan kesabaran tersendiri, pasalnya setelah selesai memotret, kita tidak bisa melihat gambar hasil jepretan seperti pada kamera digital. Untuk dapat melihat hasil jepretan, fotografer diwajibkan mencuci atau develop film terlebih dahulu untuk selanjutnya dilakukan scan untuk merubah gambar menjadi format digital ataupun langsung dicetak ke dalam kertas foto. Di kesempatan ini, penulis mencoba memotret di kawasan Mutiara Gading Timur, Bekasi, menggunakan kamera Fujica 35 FS dengan film roll Fujifilm Neopan SS ISO 100 yang sudah expired tahun 2007. Fujifilm Neopan SS merupakan film negatif black and white dengan 36 exposure. Setelah menghabiskan 36 frame dalam satu hari, penulis kemudian mencoba untuk melakukan develop film sendiri dan develop film negatif black and white  kali ini merupakan pertama kali yang penulis lakukan. Tiada rotan akar pun jadi, pepatah ini akhirnya terpakai, dimana penulis merubah kamar mandi menjadi kamar gelap.

Shutter Healing #2 : Memotret Bekasi Setelah Lebaran

Shutter healing pada tanggal 14 April 2024 saya lakukan dengan menyusuri kota Bekasi dengan menggunakan sepeda lipat. Kamera yang digunakan adalah Olympus Pen E-PL1 yang merupakan kamera mirrorless lawas. Beberapa hasil jepretan dalam shutter healing diantaranya adalah : Seorang pengendara motor melewati jalan HM. Joyomartono, kota Bekasi (14/4/24). Suasana di sekitar Jl. Insinyur Haji Juanda, kota Bekasi (14/4/24). Pengendara motor melaju di Jl. Insinyur Haji Juanda, kota Bekasi (14/4/24). Seorang pejalan kaki di sekitar Jl. Insinyur Haji Juanda, kota Bekasi (14/4/24). Pengendara motor melalui Jl. Insinyur Haji Juanda, kota Bekasi (14/4/24). Pengendara kendaraan bermotor melalui Jl. Pengairan dan Jl. Villa Raya, kota Bekasi (14/4/24). Pejalan kaki melalui Jl. Ahmad Yani, kota Bekasi (14/4/24). Shutter healing yang saya lakukan pada tanggal 14 April 2024 merekam suasana sebagian kecil kota Bekasi pada 4 hari setelah hari raya Idul Fitri. Di beberapa sudut jalanan masih terlihat suasa